WELCOME

welcome to my humble blog is, hopefully my blog pleasing to you and beneficial for all of us of course.
Do not forget to follow my blog and comment on the articles you read. so that my blog is better in the future. thank you ..!

Minggu, 08 April 2012

tips menghemat baterai laptop

baiklah sobat blogger kali ini saya mau membagikan tips menghemat bateray laptop anda, mungkin anda kesal karena baterai laptop anda cepat habiss, oke tanpa basa basi langsung saja simak penjelasan saya dibawah ini:
1. Kurangi Brightness Layar
Layar yang terlalu terang selain akan boros listrik juga akan merusak mata anda. Redupkan saja layar sesuai kebutuhan anda. Konon juga layar monitor adalah salah satu komponen yang paling banyak menyedot daya listrik.

2. Matikan Screen Saver
Seperti yang sudah saya jelaskan di postingan di post Penyebab Laptop Menjadi Boros Baterai, ada baiknya matikan saja screen saver dan ganti dengan pengaturan "Turn off Monitor/ LCD". Setidaknya anda akan menghemat daya yang di gunakan oleh monitor/ LCD ketika laptop atau komputer sedang tidak di gunakan.

3. Putuskan Internet
Putuskan jaringan internet ketika sedang tidak di gunakan, karena mengakses internet mebutuhkan daya yang besar. Matikan wi-fi atau cabut modem ketika sedang tidak di gunakan. Jangan membiarkan wi-fi terus menyala bahkan di saat tidak ada sinyal wi-fi karena akan menghabiskan listrik sia-sia.

4. Gunakan Browser yang Tepat
Sudah saya bocorkan sebelumnya di sini browser yang paling boros listrik, kenapa boros? Karena browser membutuhkan source besar dari sisi hardware (terutama RAM). Jadi bijaksanalah memilih browser sesuai kebutuhan.

5. Cabut USB yang Tidak Terpakai
Selesai meng-copy file atau data dari flashdisk biasanya kita menunda untuk mencabutnya, hindari kebiasaan ini karena flashdisk akan menyedot listrik dari colokan USB (sama kasusnya dengan modem USB). Walaupun tidak di gunakan tetapi masih menancap listrik akan terbuang sia-sia. Oh iya, bukan cuma USB tapi CD juga keluarkan kalau sudah selesai di gunakan.

6. Uninstall Software yang Tidak di Perlukan
Uninstall atau setidaknya close program aplikasi yang tidak terlalu penting (saya tidak bisa memberikan contoh, karena walaupun ada banyak contohnya tapi kebutuhan setiap orang berbeda-beda). Selain menghemat listrik proses menyalakan dan mematikan komputer/ laptop juga akan menjadi relatif lebih cepat.

7. Gunakan Software Penghemat Listrik
Ada satu yang paling efektif dalam mengurangi konsumsi listrik, yaitu menekan kinerja CPU, salah cara praktisnya menggunakan software penghemat listrik. Saya sendiri memakai software granola, yang konon memang efektif menghemat listrik (saya sudah menonton demo caran kerjanya di youtube, jadi saya yakin menggunakan software ini).

8. Matikan
Dan tentu saja yang paling efektif dalam mengemat konsumsi listrik dan baterai adalah mematikannya ketika tidak di perlukan. Jangan di biarkan menyala terus menerus, karena bahkan saat status komputer idle (tidak di gunakan untuk apa-apa) dia masih terus menyedot lisrtik.

Itulah tadi beberapa tips menghemat listrik komputer/ laptop, masih banyak memang hal-hal lain seperti mengurangi penggunaan aksesori tambahan.
Semoga tips-tips di atas bisa membantu.. . 



beri komentar yaa sobat????

Tidak ada komentar: